PANDUAN PENGGUNAAN SIMPUS (SISTEM PERPUSTAKAAN)

POLITEKNIK INDONUSA SURAKARTA

1. Mengisi data pengunjung.

Bagi setiap mahasiswa yang masuk ke perpustakaan WAJIB untuk mengisi data pengunjung pada komputer yang telah disediakan.

Cara mengisi data pengunjung adalah dengan cara:

  • Melakukan scan barcode yang terdapat pada kartu anggota perpustakaan (bagi mahasiswa mulai angkatan 2017) atau mengetikkan NIM pada kolom member ID (bagi mahasiswa sampai angkatan 2016)
  • Kemudian tekan enter, tunggu hingga keluar nama identitas.

2. Pencarian koleksi

Setiap pengguna dapat mengakses pencarian koleksi dimana saja dengan alamat web simpus.poltekindonusa.ac.id/, langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Buka laman simpus.poltekindonusa.ac.id/
  • Ketikkan kata kunci koleksi yang ingin dicari, tekan enter
  • Klik record detail atau pada judul koleksi yang ingin dipilih
  • Lihat pada ketersediaan apakah koleksi tersebut tersedia atau dipinjam, apabila tersedia lihat pada nomor panggil untuk mencari koleksi di rak
  • Carilah koleksi tersebut pada rak yang telah disediakan

Apabila ingin mencari ebook, koleksi yang tersedia dalam versi ebook terdapat keterangan (-EBOOK) dibelakang judul.

Pencariannya sama seperti pada urutan a-c, apabila sudah muncul detailnya scroll kebawah pada keterangan file attachment kemudian klik file tersebut maka kan muncul tampilan ebook-nya

 

3. Peminjaman dan pengembalian koleksi

Apabila ingin melakukan peminjaman koleksi, tunjukkan koleksi yang akan dipinjam dan kartu anggota perpustakaan (untuk angkatan mulai tahun 2017) atau kartu tanda mahasiswa (untuk angkatan sampai tahun 2016) kepada petugas perpustakaan agar di data pada sistem perpustakaan. Begitupun apabila ingin melakukan perpanjangan dan pengembalian koleksi.

Peminjaman maksimal 2 eksemplar dengan waktu seminggu dan dapat dilakukan perpanjangan selama seminggu. Apabila melakukan keterlambatan perpanjangan/pengembalian maka akan dikenakan denda sebanyak 500,-/hari per eksemplar.


Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly